gtag('config', 'UA-206722704-1'); Anda Wajib Tahu, Inilah 12 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Otak Kita

Anda Wajib Tahu, Inilah 12 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Otak Kita

Otak adalah pusat kontrol dari semua aktivitas di dalam tubuh kita tapi kadang tanpa kita sadari, ternyata kita melakukan kebiasaan yang dapat menurunkan kemampuan otak kita atau bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen bagi otak kita. Inilah beberapa kebiasaan kita sehari-hari yang tanpa kita sadari dapat merusak otak kita.

12 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Otak Kita . Otak adalah pusat kontrol dari semua aktivitas di dalam tubuh kita tapi kadang tanpa kita sadari, ternyata kita melakukan kebiasaan yang dapat menurunkan kemampuan otak kita atau bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen bagi otak kita. Inilah beberapa kebiasaan kita sehari-hari yang tanpa kita sadari dapat merusak otak kita.

1. Bunyi-bunyian yang terlalu keras  Yang pertama adalah bunyi-bunyian yang terlalu keras. Untuk kalian yang tinggal di kota sudah menjadi hal yang biasa kita mendengar berbagai macam keramaian. Misalnya suara kendaraan atau suara alat-alat konstruksi. Termasuk juga jika kita terlalu sering mendengarkan musik dengan ear-bud, headphone dan lain sebagainya kadang karena terlalu semangat dengan musik yang sedang kita sukai kita kadang set volumenya sampai penuh.


Dan tahukah kamu hanya perlu waktu 30 menit mendengarkan musik dengan volume suara penuh untuk membuat telinga kita mengalami kerusakan permanen. Ilmuwan juga menemukan bahwa kerusakan pada pendengaran seseorang dapat berpengaruh terhadap kecerdasan kognitif orang tersebut. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati terhadap suara-suara di sekitar kita. Gunakan ear-bud sewajarnya, volume yang cukup, dan tidak terlalu keras. Termasuk jangan menggunakan earbud atau headphone dengan volume yang sangat keras ketika kita tidur.



2.Tidak Cukup Minum Air

yang kedua adalah tidak cukup minum air. Kita tahu bahwa minum adalah sangat penting untuk kesehatan seluruhan tubuh kita. Air adalah sebagian besar dari tubuh kita. Air mengatur suhu tubuh kita, membasahi pencernaan kita, melancarkan persendian tulang dan berfungsi sebagai pelindung otak dari pergerakan atau benturan.

Ketika kita kehilangan cairan dalam tubuh, tubuh akan menunjukkan sesuatu yang tidak beres. Misal Kepala terasa pusing, kehilangan konsentras,i dan dalam titik yang ekstrem dapat merusak sistem pencernaan, sistem ginjal, darah tinggi, dan penyakit serius yang lainnya. Minum juga termasuk penting untuk menjaga kandungan elektrolit dalam tubuh kita yang berhubungan langsung dengan kinerja otak kita. Oleh karenanya untuk menjaga otak kita tetap dalam fungsi yang optimal, jangan lupa minum air secara teratur.


3. Tidur Dengan Kepala Tertutup

Yang ketiga adalah tidur dengan kepala tertutup. Tidur dengan selimut ketika cuaca sangat dingin adalah hal yang sangat menyenangkan. Tetapi tidur dengan posisi kepala tertutup bukanlah pilihan yang baik. Ketika kita tidur dengan posisi menutup kepala kita yang terjadi adalah kita akan menghirup karbondioksida dari udara pernapasan kita yang tidak terbuang dan itu menurunkan kadar oksigen dalam udara yang kita hirup.

Ketika kita menghirup terlalu banyak karbondioksida itu akan sangat tidak baik untuk otak kita karena otak kita sangat membutuhkan oksigen. Maka dari itu, karena oksigen sangat penting untuk fungsi otak kita, janganlah kita tidur dalam posisi menutup kepala dengan selimut.



4. Tidak Aktif Melakukan Aktivitas Yang Kreatif

Yang keempat adalah tidak aktif melakukan aktivitas yang kreatif. Otak pada dasarnya seperti otot. Ketika otot dilatih secara terus-menerus untuk mengangkat beban, Maka kekuatan otot itu akan terus bertambah. Sebaliknya, jika otot dibiarkan untuk tidak bergerak, maka kekuatannya akan berkurang. Begitu juga dengan otak.

Salah satu latihan dalam mengembangkan kemampuan otak adalah dengan melakukan kegiatan yang kreatif, atau problem-solving. Dan juga salah satu aktivitas yang melatih otak adalah berbicara secara serius dengan orang lain, berdiskusi atas sebuah masalah tertentu. Oleh karena itu, sesekali penting untuk kita melakukan aktivitas problem solving. Misalnya membaca teka-teki,  bermain puzzle, dan juga termasuk banyak untuk berdiskusi secara serius dengan orang lain.


5. Bekerja Ketika Sakit

Yang kelima adalah bekerja ketika sakit. Sangat banyak orang yang mengorbankan kesehatan mereka untuk mengejar karir. Tetapi, memaksa otak dan tubuh kita tetap bekerja ketika kita sedang sakit adalah ide yang sangat buruk.

Ketika kita sakit secara otomatis tubuh kita akan mengerahkan semua sumber dayanya untuk mencoba menghilangkan penyakit kita itu. Termasuk juga otak kita. Oleh karena itu, jika kita memaksakan untuk tetap bekerja ketika kita sakit, maka artinya, memaksa otak dan tubuh kita bekerja dua kali lipat bisa-bisa bukan sembuh, Tetapi malah sakit lebih parah.



6.Terlalu Lama Berada Di Ruang Gelap

Yang ke-6 adalah terlalu lama berada di ruang gelap. Kadang kita suka dengan suasana remang atau gelap yang kadang membuat kita merasa lebih nyaman.  yang dimaksud adalah bukan yang seperti itu, tetapi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang punya kecenderungan terlalu banyak dirumah dan kurang mendapatkan cahaya alami mengalami potensi depresi yang lebih tinggi.Orang yang mengalami depresi kemampuan kognitif nya akan menurun. Oleh karena itu sesekali kita perlu keluar rumah merasakan cahaya matahari secara langsung dan selain membuat kita sehat, juga membuat kita akan merasa lebih Bahagia.



7. Kurang Tidur Tidur

Yang ketujuh adalah kurang tidur. Tidur adalah bagian penting dari kesehatan tubuh dan mental. Ketika kita tidur setelah bekerja seharian, otak kita akan istirahat dan kemudian akan kembali prima. Akan tetapi ketika kita terus memaksakan diri untuk begadang, maka otak kita tidak mempunyai kesempatan untuk beristirahat. Kemudian mengakibatkan kita kurang konsentrasi dan yang paling parah meningkatkan risiko Penyakit Alzheimer, atau kehilangan ingatan. Inilah Mengapa kita perlu untuk cukup tidur, paling tidak 6 sampai 8 jam sehari.

Jika kita mengalami sulit tidur, cobalah kurangi konsumsi kopi, alkohol atau kurangi menggunakan Gadget ketika menjelang tidur. Karena ternyata sinar biru dari gadget kita menyebabkan otak kita terus terjaga sehingga kita akan sulit tidur. Dengan begitu, kita tidak hanya merawat otak kita tapi kita juga ketika bangun tidur kita akan merasakan badan yang fresh dan segar.



8. Multitasking

Yang ke-8 adalah multitasking. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sering melakukan pekerjaan secara multitasking menunjukkan penurunan kreativitas. Kemudian bagaimana? cobalah untuk mengerjakan pekerjaan dengan dibagi-bagi menjadi bagian-bagian individu. Kerjakan satu persatu. Jangan melakukan pekerjaan yang secara teknis sangat berbeda dalam satu waktu. Dengan begitu kita tidak hanya akan menambah produktivitas kita, tetapi juga akan melindungi otak kita.

9. Gaya Hidup Kurang Gerak

Yang ke-9 adalah gaya hidup kurang gerak. Tidak ada yang salah dengan sesekali kita istirahat bermalas-malas dan melakukan relaksasi di tengah kesibukan kita. Akan tetapi bekerja dalam keadaan duduk secara terus-menerus tanpa diimbangi dengan olahraga dan makanan yang baik ternyata berdampak buruk bagi otak dan keseluruhan kesehatan kita.

Gaya hidup yang kurang aktif berhubungan erat dengan penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, dan juga berhubungan langsung dengan penyakit otak seperti stroke, pembekuan darah di otak, dan lain sebagainya. Jadi jika kamu bekerja seharian duduk di kantor, cobalah imbangi dengan olahraga di setiap pagi atau di waktu yang luang.



10.Terlalu Banyak Minum Alkohol

Yang ke-10 adalah terlalu banyak minum alcohol. Terlalu banyak meminum alkohol atau justru mengalami ketagihan alkohol dapat menyebabkan kekurangan vitamin B1 dan magnesium. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan kebingungan, hilang ingatan, menurunkan kesadaran, dan menyebabkan emosi yang tidak stabil. Dan ketika orang kekurangan magnesium dapat menyebabkan depresi, disorientasi, dan mental yang rentan. Itulah sebab terlalu banyak meminum alkohol dapat menyebabkan otak kita jadi rusak.

11. Merokok Dalam Dekade Terakhir

Yang ke 11 adalah merokok. Dalam dekade terakhir, jumlah perokok di seluruh dunia semakin bertambah. Meskipun berbagai macam cara, mulai dari peringatan langsung dalam bungkus rokok, ataupun sosialisasi tentang bahaya rokok untuk kesehatan, tetap saja masih banyak orang yang merokok.  Kemudian, apa dampak rokok untuk kesehatan? Asap rokok dapat mengurangi jumlah oksigen yang dibawa oleh darah menuju ke otak. Artinya otak akan berfungsi tidak optimal sebuah penelitian menunjukkan bahwa Merokok sangat berkorelasi dengan beberapa penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

Dan lebih jauh dari itu kita semua tahu bahwa, asap Rokok dapat mengakibatkan kanker paru. Dan sel kanker dapat menyebabkan perubahan DNA, yang dapat juga berpengaruh ke otak.


12. Konsumsi Makanan Yang Tidak Seimbang

Terakhir, adalah konsumsi makanan yang tidak seimbang. Otak adalah salah satu organ yang sangat membutuhkan nutrisi sebagai tenaga berpikir untuk menyelesaikan berbagai masalah hidup. Oleh karena itu seseorang perlu mengkonsumsi makanan secara seimbang. Ada banyak makanan yang bisa kita konsumsi untuk meningkatkan kinerja otak kita. Tetapi sebaliknya ada juga makanan yang justru menurunkan kinerja otak kita, misalnya makanan instan atau junk food.

Makanan instan kadang tidak begitu seimbang dalam hal nutrisi di dalamnya. Ada makanan instan yang sangat tinggi tetapi sangat sedikit vitamin, ada juga yang sangat tinggi gula, tetapi sangat sedikit protein dan lain sebagainya. Terlalu banyak gula juga akan menjadi masalah di dalam tubuh kita. Konsumsi gula terlalu banyak berhubungan dengan berbagai macam penyakit termasuk obesitas, diabetes, kanker, dan lain sebagainya. Ketika kita terlalu banyak makan karbohidrat atau gula kita akan merasa kenyang, padahal yang terjadi kita mendapatkan nutrisi yang tidak seimbang. Termasuk otak kita tidak mendapatkan cukup nutrisi.
BACA JUGA: 7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Anda


Nah itulah 12 hal yang secara tidak langsung dapat merusak fungsi otak kita jika kamu suka dengan tulisan ini, bagikan dan ikuti terus web seputar wanita untuk mendapatkan informasi yang lainnya.








































Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Anda Wajib Tahu, Inilah 12 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Otak Kita"

Post a Comment

Iklan Artikel Atas

Iklan Tengah Artikel ke 1

Iklan Artikel Tengah ke 2

Iklan Artikel Bawah